DISTRIBUTOR INTI

Nah kalau Anda menjadi seorang Diamond yang berkualitas Anda minimal
memiliki 6 kaki yang berperingkat @ executive leader club (atau gold manager
vital sign) dengan memiliki 6 kaki vital
sign perkembangan bisnis Anda akan menunjukkan perkembangan yang sangat
signifikan. Artinya Gold manager yang
stabil
Bukan hanya sekali memiliki 6 kaki yang beromzet @ 10,000 pv tetapi dari
waktu ke waktu tetap bertahan dan bahkan berkembang.
Bisa saja Anda memiliki 6 kaki yang
kebetulan Anda mendapatkan proyek
senilai 60.000 PV lalu Anda susun
sedemikian rupa sehingga terscasbill di 6 kaki. Tercapailah Diamond.
Bukan berarti itu tidak boleh Anda lakukan. Jika memang itu terjadi jangan ditolak itu adalah rejeki.
Tapi maksud saya kalau bisa disetiap bulannya Anda memiliki omzet yang stabil. Dan saya kira jika
Anda memiliki 6 kaki yang masing-masing
mendapat proyek 10.000 akan sangat sulit terulang di bulan berikutnya.
Tentunya jika Anda ingin memiliki 6
kaki GM vital sign (Executive leader) maka Anda sendiri harus menjadi executive leaders club
terlebih dahulu. Kalau Anda sudah
merasakannya Anda baru bisa
menduplikasikan kepada downline Anda.
Nah bagaimana Anda bisa mencapai
executive leaders club (sbg GM yang berkualitas)
Yaitu Anda harus memiliki beberapa
leaders club di beberapa kaki Anda minimal di 4 kaki Anda.
Jika Anda ingin memiliki jaringan
leaders club mau tidak mau Anda sendiri
harus menjadi leader club terlebih dahulu. Baru Anda bisa mengajari downline Anda menjadi leaders club. karena logikanya tidak
mungkin Anda bisa membimbing mereka
mencapai leaders club jika Anda tidak
mencapainya terlebih dahulu. Ingat bisnis ini adalah bisnis duplikasi.
Nah untuk mencapai leaders club Anda perlu memiliki beberapa orang di beberapa kaki
Anda yang mencapai peringkat “DISTRIBUTOR INTI” atau CORE DISTRIBUTOR
Nah untuk bisa memiliki beberapa jumlkah core di group Anda, maka Anda sendiri harus menjadi “CORE” terlebih dahulu.
Jadi artinya jika Anda ingin menjadi
Diamond seperti diagram itu Anda perlu untuk menjadi core terlebih dahulu.
APAKAH “DISTRIBUTOR INTI” ITU ?
Distributor inti adalah satu-satunya teknik atau cara seorang distributor
untuk meningkatkan prestasinya.
Saya seorang Silver manager ingin manjadi Gold Manager maka saya melakukan
aktifitas seorang Core / inti. Saya adalah seorang Gold manager ingin naik
menjadi pearl manager maka saya kembali harus melakukan aktivitas seorang core
distributor apalagi jika saya ingin menjadi Diamond maka hanya aktivitas core saja yang akan
mempercepat mencapai tujuan. Demikian juga dengan Anda apapun peringkat yang akan tuju maka Anda harus kembali menjalankan aktifias seorang
CORE. Jadi core itu adalah suatu kebiasaan yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menjadi Diamond tidak ada cara yang lebih dahsat untuk menjadi
Diamond vital sign.
Jika ingin jadi Diamond maka Anda “HARUS” menjadi “CORE”
Nah sekarang jelas bagi Anda. Target Anda sekarang adalah menjadi
distributor yang melakukan kebiasaan sebagai CORE lalu kemudian jika telah Anda
lakukan seterusnya untuk mencapai target
seorang LEADERS CLUB 3 bulan yang akan datang.
Saya tahu Anda semua ingin menjadi Diamond
tetapi langkah awal yang harus segera Anda
lakukan Anda lah mengikuti LEADER CLUB 3 BULAN MENDATANG.
Dan Anda akan menghadiri acara yang
sangat luar biasa sekali yang kita namakan LEADERS CLUB. Sebuah seminar yang
hanya dapat dihadiri oleh mereka yang telah melakukan aktivitas sebagai leaders
club yaitu selain melakukan atribut
distributor inti, memiliki beberapa core di 2 kaki juga melakukan presentasi 15
x / bulan, mengadakan home meeting rutin
tiap minggu dan memimpin KDI.
Apa sih alasannya Anda harus menjadi
leaders club
Biasanya jika Anda telah mencapai
peringkat leaders club dengan beberapa anggota core Anda ditambah memiliki beberpa kaki kategori B dan
pelanggan. Maka biasanya Anda telah bisa
memenuhi / membiayai bisnis Anda.
Seperti yang Anda ketahui dibisnis
ini awalnya Anda tidak mendapatkan
banyak tapi setelah itu Anda akan
mendapatkan banyak dari bisnis ini yang grafiknya bukan lurus tapi exponensial.
Jadi biaya yang akan Anda keluarkan pada
awalnya akan lebih besar dari apa yang awalnya Anda dapat dari bisnis ini.

Ada titik disini sebagai titik keseimbangan (self financial point)
Dimana Anda telah bisa membiaya semua pengeluaran dalam membangun
bisnis ini dari hasil yang telah Anda capai. Peringkat itu ada pada titik LEADERS
CLUB
Jadi saya kira sangat masuk akal jika tujuan Anda 3 bulan ke depan adalah LEADERS CLUB paling tidak untuk jangka pendek Anda.
Anda jangan pernah mengeluh jika Anda mengatakan “kok sepertinya bisnis ini hanya ngeluarin
duit terus tanpa ada hasilnya. sebelum Anda mencapai peringkat leaders club.
Nah dari sekarang bagi Anda yang telah core paling tidak ada waktu 2 – 3
bulan untuk mencapai leaders club. Terserah Anda apakah ingin lebih cepat atau lambat.
Tentunya jika Anda ingin lebih cepat
mencapai titik ini Anda membutuhkan
bantuan upline Anda, daripada Anda melakukannnya sendiri. Tentunya Anda mau dibantu oleh upline Anda.
Sayangnya upline Anda memiliki banyak downline yang juga perlu dibantu. Dan tentunya mereka akan membantu
kepada downline yang ingin cepat berhasil / downline yang efektif yang keberhasilannya hampir bisa dipastikan.
Satu-satunya kriteria yang bisa dijadikan tolok ukur yaitu “Core Distributor”
Tidak ada jalan pintas di bisnis ini untuk menjadi leaders club kecuali Anda
menjadi core terlebih dahulu.
Saya kira sekarang sudah jelas mengapa Anda harus menjadi distributor inti.
Distributor inti itu mempunyai 7 buah atribut
1.
Presentasi minimal 8 X
per bulan
2.
Menjadi pemakai produk
100%
3.
Memiliki dan melayani
5-10 pelanggan
4.
Membaca buku 15 menit
per hari.
5.
Mendengarkan Kaset/VCD
per hari
6.
Hadir di setiap
pertemuan
7.
Menjadi pemain
kelompok yang baik.
1.
MELAKUKAN PRESENTASI MINIMAL 2 X PERMINGGU (8 X / BULAN)

Itu sudah minimal, itupun sebenarnya hanya untuk Anda agar tetap bertahan saja di bisnis ini. Namun
jika Anda ingin berhasil dibisnis ini Anda
harus melakukan minimal 15 x presentasi
/ bulan
Saya belum pernah melihat jika hanya dengan 8 x / bulan mereka berhasil.
Jadi frekwensinya harus min 15 x / bulan.
Sekali lagi jika 8 x ibaratnya Anda sekedar bertahan dibisnis ini.
Ibarat seorang atlet renang untuk menjaga kesehatan dan stamina mereka harus
berenang 2 x seminggu ( 8 x / bulan), tetapi jika atlet renang ini ingin
berprestasi bahkan memecahkan rekor maka minimal 15 x s/ d 30 x dia berenang
setiap bulannnya.
Sekali Anda tidak melakukan 2 x
seminggu berarti Anda tidak distributor
inti.
2. PEMAKAI 100%
Artinya Anda tidak harus memakai
semua produknya. Tetapi Anda memakai
produk yang pasti Anda pakai
dikeseharian yang biasanya Anda beli
ditoko-toko

Misalnya sabun mandi, kecap, detergent, mungkin body cristal. Atau jika Anda
sering makan supplement untuk stamina Anda
bisa ubah dengan mengkonsumsi Asam Amino
yang terbukti meningkatkan stamina. Apalagi Anda sebagai petani atau senang becocok tanam. Anda
harus memakai produk-produk nasa yang telah
terbukti kualitasnya.
Dibandingkan jika Anda menggunakan pupuk
cair atau hormon merk lain. Apakah setelah Anda menggunakan secara rutin
berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun produk lain lalu setiap bulannya Anda menerima royalty dari perusahaan tersebut.
Hampir pasti jawabnya TIDAK DAPAT. Lalu mengapa Anda tidak menggunakan produk dari usaha Anda sendiri yang jelas-jelas memberikan keuntungan
baik dari sisi kualitas maupun keuntungan jangka panjang dalam hal royaltynya.
Anda bukanlah seorang sales tetapi Anda adalah pemilik usaha di bisnis ini,
yang seharusnya sangat memprioritaskan memakai produk dari usaha Anda sendiri.
Jika Anda masih menggunakan produk
luar padahal di perusahaan Anda sendiri
ada maka Anda bukanlah distributor INTI.
Sekalipun Anda berbohong di depan downline Anda. Pasti akan kelihatan cara Anda
berbicara dan antusias Anda tidak akan pernah melebihi dibandingkan jika Anda
benar-benar telah memakai dan merasakan manfaatnya.
Sebenarnya 100% pemakai itu bukanlah suatu investasi atau biaya.
Toh untuk mandi Anda pasti memakai
sabun, hampir setiap orang memiliki masalah bau keringat. Untuk petani dan
penghobi tanaman untuk menyuburkan tanaman mereka tetap membutuhkan pupuk.
Ketika Anda membeli pupuk sebenarnya
itu bukan biaya dalam hal bisnis ini, tapi itu kebutuhan untuk meningkatkan
hasil produksi dan keindahan tanaman. Jadi sebenarnya tidak sulit dan tidak
mahal menjadi 100% pemakai produk
Jadi jika mandi Anda pakai sabunnya
Jika bertani Anda menggunakan
NASA
Jika memiliki tanaman tahunan berupa buah-buahan Anda memakai power
Jika keringat bau, Anda memerlukan
body cristal
Jika stamina loyo Anda memakai AMN maupun royal jelly
JIka pencernaan terganggu Anda mengkonsumsi beras merah
Jika bertenak Anda memakai viterna
Jika memasak Anda memerlukan kecap
Jika mencuci Anda membutuhkan star 7
Jika minum gunakan teh persada
Jadi tinggal mengalihkan pembelanjaan
dari supermarket/toko ke perusahaan Anda sendiri yang jelas-jelas memberikan royalty.
Mengapa penting memakai produk
Ingat dalam binis ini kekuatan dan kelemahannya adalah duplikasi. jika Anda
memakai produk kemungkinan besar akan
terduplikasi jaringan Anda juga memakai
produk. Jika Anda tidak menggunakan
produk akan sedikit distributor Anda yang memakai 100%
Artinya baiknya diduplikasi jeleknya juga diduplikasi
Mungkin Anda berkata group saya kan
masih 2 orang saya kira tidak memakai produk tak apa-apa.
Mungkin saja tak apa-apa tapi coba jika jaringan Anda sudah 100 orang dan mereka masing-masing
berpikir seperti Anda. Tidak akan pernah tercipta jaringan pemakai produk. Jadi
mulailah dari sedikit asalkan benar duplikasinya akan sangat luar biasa.
Kalau toh di luaran sana ada yang lebih bagus atau lebih murah. Kalau saya
akan tetap menggunakan produk NASA. Logikanya sederhana. Mengapa memakai produk
orang lain yang jelas-jelas tidak memberikan point dan kontribusi apa-apa kepada kita, yang tidak akan pernah menjadikan kita
mancapai Diamond.
Beruntungnya produk-NASA itu kulitasnya luar biasa dan sangat terjangkau
jadi Anda benar-benar diuntungkan dengan
pemakai 100% produk
Juga ketika kita menjelaskan produk kepada orang lain. Dari mana akan
tumbuh keyakinan jika kita sendiri tidak pernah mencobanya.
Mereka tidak tertarik dengan cerita Anda teori produknya tetapi mereka lebih tertarik
cerita Anda karena pengalaman Anda.
Bisa saja Anda menganggap diri Anda good salesman. Anda sudah ahli ngomong kalau jualan produk. Lalu Anda
merasa tidak perlu pakai.
Nah jika suatu saat upline atau
downline Anda ke rumah Anda lalu melihat di halaman rumah Anda yang kebetulan juga ada beberapa pohon dan
tanaman dan mereka tidak melihat produk NASA atau bahkan justru melihat produk
pupuk merk lain. Kira kira bisa nggak mereka percaya dengan apa yang Anda selalu bicarakan tentang pemakai 100%. Saya
rasa selain malu. sulit bagi Anda untuk membangun organisasi Anda, karena
1.
Upline Anda tahu bahwa Anda bukan distributor inti
2.
Downline Anda kehilangan respek terhadap Anda.
Atau mungkin Anda tidak mengizinkan
downline dan upline Anda ke rumah Anda.
Bagaimanapun juga nantinya akan terlihat.
Anda memakai 100% atau tidak.
Apalagi Anda tidak naik-naik peringkat. Akan kelihatan.
3. ANDA MEMERLUKAN MEMPUNYAI 5 – 10 PELANGGAN
Bukan berarti setiap bulan Anda melayani 5 - 10 pelanggan. Karena beberapa
produk Nasa ada yang tidak habis dalam 1 bulan. Misalnya NASA dan hormonik,
konsumen akan menggunakan selama 3 bulan dan akan membeli 3 bulan
yang akan datang pada saat musim tanam yg akan datang.
Demikian juga peternakan, 1 botol viterna terkadang baru habis 2 bulan berikutnya
untuk 1 ekor sapi.
Nah jika demikian untuk memenuhi 100 pv pribadi sebagai distributor inti Anda
memerlukan 5 – 10 pelangggan yang Anda layani secara bergantian tiap 2 -3 bulan.
Artinya 1 bulan Anda melayani 3 – 5
orang sebagai basis Anda untuk mengumpulkan
100 pv pribadi sebagai distributor inti.
Ingat pelanggan bukan
pembeli. Kalau pembeli sekali beli belum tentu akan beli lagi.
Dan belum tentu Anda datangi lagi. Tetapi pelanggan akan selalu
membeli.

Nah kalau aktivitas seorang core Anda jalankan Anda pasti memiliki pelanggan.
Yaitu disiplin meminjamkan VCD dan paket info. Jika 1 minggu Anda secara disiplin meminjamkan kepada 4
orang berarti dalam satu bulan ada 12 orang. Konsumen akan didapatkan
ketika Anda bertemu dengan mereka yang
beralasan berbagai macam untuk tidak ikut NASA. Nah arahkan mereka untuk
menggunakan produk Anda sebagai pelanggan
Anda.
Jadi pelanggan adalah mereka yang
tidak bergabung.
Jangan salah mengartikan dengan cara
mencari pelanggan. Jangan jadikan pelanggan
kalau sebenarnya mereka mau bergabung dengan Anda sebagai seorang distributor kategori “B” jelaskan keuntungan kalau bergabung.
Coba Anda bayangkan sebenarnya mereka mau bergabung tapi karena Anda sekedar
mencari laba eceran lalu Anda tidak menjelaskan. Setelah mereka membeli banyak
barang dalam beberapa bulan. Anda baru menjelaskan keuntungan menjadi anggota. Tentu
saja orang merasakan Anda manfaatkan. Kalau memang dengan anggota bisa murah
kenapa Anda menawarkan harga konsumen.
Dan dalam hati kecil mereka kemungkinan menjadi kurang respek atau percaya dengan niat baik Anda membantu mereka menjalankan bisnis ini. Jika
kepercayaan downline terhadap Anda sudah
kurang sejak awalnya. Bagaimana Anda bisa membangun organisasi dengan kokoh.
Saya yakin jika Anda disiplin dengan
cara yang benar meminjamkan menjelaskan / follow up pasti Anda akan mendapatkan pelanggan.
Mungkin Anda bertanya. Katanya di bisnis
ini kita tidak harus menjual? tidak harus jadi sales?
Lalu Anda bicara dengan downline, “kita
semua tidak harus menjual”.
Sebenarnya suka atau tidak kita membangun binsis agar produk kita dikenal
dan dipakai masyarakat. Tanpa ada omzet Anda tidak akan mendapatkan royalty.
Sebenarnya juga tidak semua masyarakat yang tertarik produknya tertarik
juga bergabung karena tidak mau repot tapi memerlukan produknya. Nah mereka
inilah yang Anda jadikan pelanggan Anda .
Jadi mencari pelanggan bukan dari
keliling rumah-ke rumah gedor-gedor pintu, bagikan brosur.
Anda mendapatkan pelanggan dari
aktivitas meminjamkan VCD, presentasi dan melakukan
follow up.
Alasan lain mengapa Anda perlu
pelanggan.
Lumayan untuk menunjang biaya
operasional. Keuntungan yang didapatkan bisa dibelikan Buku-buku, VCD, Kaset,
Menghadiri pertemuan yang sarat akan ilmu pengembangan bisnis Anda.
Nah karena Anda bisa membeli
alat lalu dipelajari. Tentunya akan berdampak efektif
di jaringan.
Tapi mungkin juga Anda merasa itu
tidak perlu karena mungkin sudah memiliki financial untuk membiayai bisnis Anda.
Jadi Anda pikir tidak harus memiliki
pelanggan.
Permasalahannya di bisnis ini faktor penentunya duplikasi. Bagaimana Anda bisa mengajar downline Anda memiliki pelanggan kalau Anda sendiri tidak pernah berusaha mendapatkan pelanggan.
Dari berbagai pengalaman, dari pelanggan Anda bisa mendapatkan distributor.
Mungkin saja pelanggan Anda kemudian berpikir karena pemakaiannya rutin
dia akhirnya memilih untuk menjadi distributor untuk dapat harga yang lebih
murah. Dan tidak jarang setelah membuktikan kualitasnya, lalu dia bercerita
kepada temannya tentang hebatnya produk yang dipakai. Kalau mereka mengenalkan
temannya kepada Anda yang kemudian dipresentasi.
Mungkin saja saat mempresentasikan kepada teman pelanggan Anda, dimana otomatis
pelanggan Anda melihat presentasi yang kedua kalinya, lalu pikirannya berubah karena
tertarik mengembangkan bisnisnya. Jadi jangan anggap remeh pelanggan.
Sekali lagi pelanggan bukan pembeli.
Sering terjadi seorang konsumen, saat produknya habis, mereka bingung mau beli ke mana. Itu terjadi karena mereka tidak dianggap
pelanggan sehingga tidak dihubungi lagi. Ada baiknya juga tinggalkan kartu nama atau tulis nomor hp di botol produk yang mereka pakai. Sehingga
sewaktu-waktu mereka membutuhkan, bisa mengontak Anda. Tapi dalam hal melayani
pelanggan sebaiknya Anda yang
menghubungi terlebih dahulu. Hal ini baik untuk membangun hubungan dengan
pelanggan. Ingat hanya 5 – 10 pelanggan.
Jadi jangan bangga Anda jika Anda mengatakan, “saya tidak perlu pelanggan”
bisnis ini adalah duplikasi. Bayangkan jika semua jaringan Anda mengatakan hal yang sama. Sebesar apapun jaringan Anda, omzetnya tidak akan
mencerminkan besarnya jaringan Anda. Dan bayangkan jika jaringan Anda menduplikasi Anda memiliki 5 -10 pelanggan
Dampaknya sangat luar biasa terhadap perkembangan omzet Anda.
Ingat 1000 x 1 = 1000
100.000 x 0 = 0
Jadi kalau nggak ada penjualan dibisnis ini sama saja tidak ada hasilnya.
4. MENDENGARKAN &
MEMPELAJARI KASET & VCD SETIAP HARI
Sifat dari bisnis ini sangat dekat dengan pengaruh negative. Anda tidak mungkin diterima terus saat presentasi,
atau mendapat pelanggan terus. Suatu saat pasti akan ketemu dengan penolakan, keluarga yang
tidak mendukung, omzet tidak stabil, jaringan berhenti, downline banyak yang
tidak aktif. dan lain sebagainya yang membuat Anda menjadi turun
semangatnya. Saat saat seperti itu Anda perlu nutrisi untuk semangat Anda. Dengan cara
Anda selalu mempelajari kaset / vcd
system dan motivasi, akan selalu positip
karena selalu termotivasi. Jadi saran saya, perlu mendengarkan atau melihat vcd system /
motivasi paling tidak 1 hari 1 kaset/vcd dan setiap hari. Kaset/vcd yang terpenting adalah kaset / vcd yang belum
pernah Anda dengar. Dan ada kalanya anda
pelu mendengar dan membaca berulang-ulang untuk memahami isi dari alat-alat
tersebut. Karena mungkin saja ada beberapa kalimat dalam kaset / vcd yang akan
merubah kehidupan Anda. Saya banyak melihat dari beberapa distributor yang
sekarang peringkat GM ke atas dulunya akan berhenti atau pernah patah semangat dan gara-gara mendengarkan dan melihat VCD dia
mendengar satu kalimat motivasi yang ternyata sangat mengena pada dirinya.
5. MEMBACA BUKU
MINIMAL 15 MENIT PERHARI

Anehnya masalahnya
bukan karena masalah yang dihadapi, karena setiap orang hidup dan berhubungan
dengan orang lain pasti akan terjadi masalah. Tapi justru masalahnya adalah
bagaimana seorang mensikapi ketika menghadapi masalah. Itu justru masalahnya.
Adakalanya seorang berhenti karena hanya masalah sepele.
Yang sebenarnya bukanlah sebuah masalah tapi karena kepribadian yang tidak
terbentuk, sikap yang negative, maka masalah sepele akan menjadi / dianggap masalah
yang sangat rumit dan besar. Perlu diketahui orang-orang yang sukses bukannya
tanpa masalah bahkan kadar permasalahannya jauh lebih besar dan rumit, tetapi
mereka tidak pernah panik dan bingung apalagi mengeluh dangan masalah-masalah yang dihadapi. Justru
mereka tertempa dan lebih dewasa ketika menghadapi suatu permasalahan. Itu
semua karena kesiapan keribadiannya dan selalu mengembangkan sikap positip. Nah
itu dapat terbentuk karena mereka sering membaca buku-buku kepribadian.
(buku-buku yang dianjurkan oleh upline).
Dengan membaca buku Anda menjadi
mengerti cara berhubungan dengan orang lain. Anda juga akan lebih mengenal diri sendiri.
Dengan mengembangkan keahlian berhubungan dengan orang lain dan
pengembangan pribadi akan mempermudah Anda untuk mengembangkan bisnis ini.
Bagi Anda yang baru bergabung Anda dapat membaca
2 buku ini terlebih dahulu
o Berpikir dan berjiwa besar – David J. Schwartz
o Cara mencari kawan dan mempengaruhi orang lain – Dale Carnegie
Referensi buk-buku yang lain yang dapat Anda baca :
o Berpikir menjadi kaya – Napoleon Hill
o Skill with people – Les Giblin
o Cara memiliki Keyakinan dan Kekuasaan dalam Berurusan dengan orang lain-
Les Giblin
o Personality plus – Florencve Littaeur
o Rich dad poor Dad – Robert T Kiyosaki
o Cash Flow Quadrant - Robert T
Kiyosaki
o Business Scholl - Robert T Kiyosaki
o Menumbuhkan kepemimpinan dalam diri Anda – Joh C Maxwel
o The Basic
o Big All
o Copycat Marketing
Masih banyak buku lain yang dapat Anda baca. Tanyakan kepada upline core Anda
Perlu saya tekankan disini, di
luaran sana banyak sekali hal-hal negative yang akan terekam di kepala Anda.
Hanya dengan membaca buku Anda bisa
menetralisir. Dalam berhubungan dengan orang lain Anda perlu meningkatkan kempemimpinan Anda.
Bagaimana Anda bisa manghandle orang
koleris, sanguinus, plegmatis maupun melankolis kalau Anda tidak membaca buku.
Otak kita bagaikan air jernih yang terkena tinta, kita tidak bisa membuang
/ memisahkan warna tinta dengan air bening, yang bisa kita lakukan adalah
menambah air bening sehingga lama kelamaan warna tinta tidak mendominasi warna
air tersebut.
Jadi bacalah secara disiplin 15 menit tiap hari hingga tidak terasa membaca
menjadi bagian dari kebiasaan hidup Anda. Dan Anda akan mengalami perubahan yang tidak Anda duga.
Dengan membaca buku kita bertumbuh dari dalam, dan hal ini berdampak bagi
pertumbuhan bisnis Anda.
Anda tidak perlu suka baca buku
Tapi yang penting Anda baca
buku..!!!
A LEADER IS A READER.
6. HADIR DI SETIAP
ERTEMUAN

Artinya disini bukan pertemuan yang Anda hadiri kalau tidak hujan, kalau
tidak cape, kalau ada yang mengantar dsb. Usahakan Anda hadir di setiap pertemuan. Mengapa saya
tekankan setiap pertemuan. Karena kelebihan dari pertemuan atau seminar tidak Anda temui di kaset, VCD maupun buku adalah atmosfer, suasana dan getaran semangatnya. Banyak motivasi,
komitmen dan keputusan dari mereka, yang berhasil lahir pada pertemuan dan
seminar.
Anda tidak tahu di pertemuan mana dan kapan, Anda atau downlline Anda akan tergerak untuk mengambil keputusan
komitmen yang akan menjadi momen yang penting dalam keberhasilan Anda.
Maka hadirilah SETIAP pertemuan dan seminar untuk memberikan contoh kepada
jaringan Anda.
Anda tahu pertemuan apa yang paling
penting. Yaitu pertemuan yang tidak Anda
hadiri. Semua pertemuan yang
diselenggarakan oleh Diamond network ada
maksud dan tujuan tetentu. Pertemuan Business Plan adalah pertemuan
mempresentasikan bisnis NASA. Usahakan Anda hadir walaupun Anda tidak membawa prospek baru. Kenapa harus
dating.
pertama, mungkin saja dengan
menghadiri semangat Anda terus
terjaga.
Kedua, Anda tidak bawa prospek tapi
di sana ada downline yang akan melihat Anda. Mereka akan melihat bahwa Anda pun ada berarti pertemuan ini begitu
penting. Coba kalau Anda tidak ada. Downline Anda akan bepikir bahwa pertemuan itu tidak terlalu
penting buat Anda. Dan suatu saat downline Anda juga merasa tidak terlalu penting utuk
menghadiri pertemuan itu. Akhirnya semua group Anda semua tidak datang di Business Plan. Yang baik
akan diduplikasi yang jelekpun akan lebih mudah diduplikasi. Saya belum melihat
seseorang yang berhasil yang datang dipertemuannya hanya sekali-sekali. Yang
saya lihat, jaringannya akhirnya tidak berkembang.
Kemudian ada pertemuan NDO (new distributor orientation / orientasi untuk
para distributor baru) dilakukan setiap bulan sekali. Kalau diamati topic yang
dibicarakan selalu sama itu-itu saja. Mungkin Anda bosen datang ke NDO atau Business Plan.
Tapi bisa saya katakan disini, kalau Anda merasa bosen dengan pertemuan biasanya karena
jaringan Anda tidak berkembang, kalau
grop Anda sedang berkembang pasti Anda tidak bosan. Bahkan Anda akan selalu menanyakan kapan lagi ada
pertemuan.
Karena bulan ini Anda naik peringkat sehingga pertemuan bulan depan Anda akan
di recognize sebagai peringkat baru di depan downline-downline Anda. Maka Anda tidak sabar menunggu-nungu pertemuan bulan
depan. Itu karena apa, salah satunya karena Anda menduplikasikan kepada downline Anda untuk datang di setiap pertemuan.
Jadi Anda bosan karena group Anda tidak berkembang, bagaimana caranya agar group
Anda berkembang, yaitu Anda hadiri pertemuan terlebih dahulu baru nanti
group Anda akan berkembang. Tidak akan
terjadi sebaliknya berkembang dulu baru datang dipertemuan.
Pertemuan core sangat penting. Anda harus mengutamakan dibandingkan Anda harus
mempresentasi prospect.
Presentasi bisa Anda tunda tetapi
pertemuan seperti ini tidak mungkin Anda menundanya. Jika Anda tidak hadir
Anda bisa merasakan sendiri
banyak momentum yang hilang karena pada pertemuan itu membahas hal-hal yang
sangat penting yang akan membuat Anda bisa mempresentasi dan menduplikasikan kepada ribuan
orang.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sikap Anda mengutamakan
pertemuan-pertemuan system seperti ini akan dilihat oleh downline Anda. Jika
prospek / downline Anda tahu Anda tidak hadir di pertemuan karena alasan Anda akan mempresentasi prospek Anda. Mereka akan
melihat pertemuan core seperti ini tidaklah begitu penting. Padahal sebaliknya Anda
memiliki kesempatan untuk mempromosikan
pertemuan. Misalkan saja Anda diminta
bantuan oleh downline Anda untuk
presentasi, disaat jat waktnya bersamaan diadakan pertemuan core meeting Anda bisa mengatakan.
Anda Sayang sekali saya tidak
bisa karena ada pertemuan yang harus saya hadiri yang sangat penting sekali
yaitu Core Meeting.
Downline Apa itu core meeting.
Anda Yaitu pertemuan para distributor yang telah
melakukan 7 kebiasaan seorang core. Wah luar biasa sekali pertemuan nanti,
karena topik yang dibawa sangat spesifik untuk para distributor inti.
Downline Wah
kalau begitu saya juga harus hadir.
Anda Oh
iya harus itu, tapi tentunya Anda harus
menjadi distributor inti terlebih dahulu. Untuk sekarang, Anda belum bisa hadir kecuali Anda telah melakukan 7 kebiasaan para distributor
inti
Downline Apa itu 7 kebiasaan
Anda (Jelaskan
atribut Dist Inti)
Ada beberapa hal yang positip
1.
Anda memperlihatkan betapa pentingnya seorang menjadi
core dan bisa menghadiri core meeting
2.
Anda memperlihatkan
bahwa setiap distributor yang ingin sukses dia akan selalu menjadi core distributor
3.
Downline Anda akan berusaha menjadi core distributor.
Jadi penting sekali Anda menghadiri
setiap pertemuan sehingga Anda bisa
mempromosikan pertemuan dan tahu pertemuan-pertemuan yang harus Anda prioritaskan.
Sebelum saya membahas atribut yang ke 7 kita coba lihat lagi ke 6 atribut
yang telah kita bahas. Kalau kita perhatikan atribut
Ø Presentasi min 8 x per minggu.
Ø Melayani pelanggan.
Ø Memakai 100% produk
Ketiga atribut diatas sangat berhubungan dengan NASA.
Anda presentasi, yang Anda presentasikan produk dan marketing plan NASA
Anda melayani pelanggan, pemakai produk NASA
Anda memakai produk, produk dari
NASA
Sedangkan atribut 4, 5 dan 6 itu tidak hanya berhubungan dengan NASA. Tetapi sangat
berhubungan dengan kehidupan.
Kalau Anda mau sukses dimanapun juga,
pasti sangat dianjurkan untuk mengikuti pelatihan, mendengarkan motivasi dan
kisah orang-orang sukses, baca buku-buku otobiografi orang-orang sukses, baca
buku-buku tentang pengembangan kepribadian, leadership dst.
Perkembangan kepribadian Anda terbentuk dari no. 4, 5 dan 6.
Maka banyak para distributor inti justru sangat cemerlang kariernya di
lingkungan kerjanya masing-masing. Karena mereka telah melakukan kebiasasaan
orang inti
Sekarang kita bahas atribut yang ke – 7
7. MENJADI PEMAIN
KELOMPOK YANG BAIK.
Bagian ini sedikit agak panjang saya jelaskan
Jika Anda telah menjalankan kebiasan
1 s/d 6 mungkin saja Anda sudah mampu membuat bisnis yang besar. Organisasi Anda bisa besar tetapi tidak beraturan. Sulit
dikendalikan dan sulit diprediksikan untuk berkembang.
Kalau ibarat rumah Anda telah
mendirikan rumah cukup besar tetapi dibangun diatas pondasi yang tidak cukup
kuat.
Nah jika Anda ingin membangun bisnis
yang besar dan juga sangat kokoh dalam hal duplikasi sehingga jaringan bisnis Anda
terus membesar dan mencapai momentum yang tidak akan bisa Anda tahan lagi. Anda perlu membangun bisnis ini
dengan melengkapi dengan melakukan kebiasaan yang ke 7 yaitu MENJADI DAN
MEMILIKI PEMAIN KELOMPOK YANG BAIK. Atau dengan kata lain
MEMBANGUN BISNIS DENGAN CARA MEMBANGUN “GOOD TEAM PLAYER”
Apa saja kebiasan untuk menjadi pemain kelompok yang baik
1.
Disetiap pertemuan Anda selalu datang paling awal dan pulang paling
akhir.
2.
Tidak berbicara
sendiri saat pertemuan berlangsung
3.
Membawa buku catatan
di setiap pertemuan
4.
Memakai pakaian yang
baik termasuk bersepatu
5.
Teachable / mudah
diajari terhadap sesuatu khususnya kepada upline
6.
Bersikap mau
meduplikasikan segala sesuatu yang telah diajarkan upline
7.
Bertanggung jawab
terhadap bisnis Anda sendiri. Jangan tergantung upline. Artinya jika upline tidak aktif jangan ikutan
tidak aktif. Bisnis ini adalah bisnis Anda sendiri. Anda lah yang mengendalikan. Jangan
membatasi bisnis Anda dengan
keterbatasan upline Anda. Jangan menyalahkan upline Anda jika bisnis Anda tidak berkembang karena
upline tidak membantu. Jangan pernah berpikir Anda menjalankan bisnis ini untuk kepentingan
upline Anda. Jika itu terjadi Anda tidak
akan menikmati bisnis ini, Anda akan resah dan akhirnya berhenti menjalankan
bisnis ini. Ingat Anda bisa menjadi Diamond sedang upline Anda belum tentu menjadi Diamond.
Ø Melakukan Edifikasi, Edifikasi adalah mempromosikan dan menghormati. Dalam menjalankan bisnis
ini jika jaringan Anda ingin tumbuh besar
Anda harus melakukan edifikasi.
Edifikasi akan memperkuat bisnis Anda. Hal-hal
yang harus Anda edifikasi;
Sponsor, Upline, Downline, Crossline, Perusahaan dan Management, Produk, Buku,
VCD, Pertemuan, Anda bisa mempromosikan semua yang berhubungan dengan bisnis Anda
kecuali diri Anda sendiri. Karena Anda tidak akan bisa meng-edifikasi diri Anda sendiri. Sebagai contoh : suatu saat Anda pergi ke sebuah kota, lalu bertanya kepada
seseorang, dimana rumah makan yang paling enak di kota ini, lalu orang itu berkata, ”nggak usah jauh-jauh
pak..! mari mampir ke restoran saya”. Nah kira kira Anda percaya apa tidak itu restoran yang paling
enak. Saya yakin Anda kurang percaya. Karena
Anda akan berpikir, pemilik restoran
pasti akan mengatakan restorannya yang paling enak. Berbeda kalau Anda bertanya kepada sesama pejalan kaki, lalu Anda
bertanya, dimana rumah makan yang paling
enak. Lalu orang itu menunjukkan kepada Anda,” itu pak rumah makan di pojok
perempatan, saya kalau kesini pasti mampir di rumah makan itu enak murah dan
lengkap. Nah saya yakin Anda akan
mempercayai orang itu. Jadi dibutuhkan orang ketiga untuk mengedifikasi. Anda tidak mungkin membanguan sedirian di bisins
ini, Anda tidak bisa menjadi Superman
dibisnis ini. Anda membutuhkan seseorang
yang membantu Anda. Dan orang yang Anda butuhkan membantu Anda adalah upline Anda. Anda perlu mengedifikasi upline Anda agar upline Anda memiliki kekuatan untuk
membantu dalam group Anda, dan berkata kepada downline Anda hal-hal yang
sebenarnya. Ketika Anda akan memprospek tetangga / teman Anda misalnya, yang sehari hari mereka tahu keadaan
Anda. Sedangkan Anda masih baru
menjalankan bisnis ini dan belum mendapatkan Sesuatu sebagai bukti keberhasilan
Anda. Tentu teman Anda masih ragu dengan
penjelasan Anda. Artinya sering mereka ragu karena Anda. Nah apa yang bisa Anda
lakukan dengan kondisi seperti itu. Anda
membutuhkan orang lain untuk meyakinkan
teman Anda, yaitu upline Anda, Nah agar teman Anda percaya dengan upline Anda, maka Anda perlu melakukan edifikasi, mempromosikan bahwa
upline adalah seorang yang telah sukses dan berpengalaman serta memiliki bisnis
yang besar. Lalu kenalkan upline dengan teman Anda. Maka kemungkinan besar
teman Anda akan yakin dengan apa yang
dikatakan oleh upline Anda. Nah kalau teman Anda bergabung siap yang dinutungkan, tentu saja Anda.
Ø MELAKUKAN KONSULTASI, Anda sangat memerlukan konsultasi di
bisnis ini terutama dengan upline aktif / upline core Anda. Dan aktivitas
konsultasi akan sangat efektif jika Anda telah menjadi distributor inti, Anda akan tahu apa yang akan Anda konsultasikan dan akan paham dengan apa yang
dijelaskan oleh upline. Konsultasi dibisnis ini GRATIS, berbeda jika Anda melakukan dengan para konsultan bisnis lainnya Anda akan dimintai tarif yang mahal, bahkan
bisa dihitung permenit. Sedangkan di bisnis NASA, yang menentukan masa depan Anda,
tidak dipungut biaya saat konsultasi. Hanya saja Anda tidak bisa berkonsultasi secara efektif
sebelum Anda menjadi distributor inti
terlebih dahulu. Konsultasi ibarat Anda menggantungkan sebuah lukisan, Anda tetap membutuhkan orang ketiga untuk melihat
apakah lukisan masih miring atau sudah tepat posisinya. Artinya sebesar apapun
bisnis Anda, tetap membutuhkan yang
namanya konsultasi. Pasti sangat bermanfaat. Anda memerlukan upline Anda untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Ingat
bisnis ini adalah bisnis duplikasi. Mulailah secara berkala Anda melakukan konsultasi sejak group Anda masih
kecil. Karena justru duplikasi dibangun sebelum group Anda besar. Downline Anda akan melihat pentingnya konsultasi karena
mereka melihat Anda berkonsultasi. Anda melakukan
hal yang benar Anda akan diikuti, dan sebaliknya Anda melakukan hal yang salah akan lebih mudah
diikuti. Bayangkan jika group Anda sudah besar tanpa konsultasi akan sangat sulit
untuk meluruskan duplikasi yang salah. Mumpung group Anda masih kecil segeralah melakukan konsultasi
secara berkala bagaiamana cara Anda membangun bisnis ini
Ø NO CROSLINING, Sebagai pemain kelompok yang baik Anda tidak melakukan yang namanya croslining.
A mensponsori B dan C,

maka A adalah upline dari B, A adalah upline dari C. sedang B dengan C
adalah crosline. A memiliki kepentingan membantu C, A mempunyai kepentingan
membantu B. tetapi B dan C tidak
memiliki kepentingan dalam hal financial untuk membantu satu sama lain. Oleh karen
itu B dan C namanya crosline yang tidak memiliki kepentingan bisnis satu sama
lain. Bukan berarti Crosline adalah musuh. Sebagai pemain kelompok yang baik Anda
perlu salami, Anda perlu berteman Anda, edifikasi mereka apalagi waktu
mereka menjadi pembicara. Tapi hati-hati ada batasannya untuk tidak
melakukan crosslining yaitu ketika
i. Ketika Anda membicarakan mengenai bisnis strategi pengembangan, Anda harus membicarakan pada jalur sponsorisasi Anda
ii. Ketika Anda melakukan konsultasi
harus dengan jalur sposnorisasi
iii. Ketika Anda merasa perlu berkeluh
kesah / curhat dalam hal bisnis harus dengan jalur diatas Anda.
iv. Ketika Anda bertemu dengan downline
group lain tidak melakukan kebiasaan mempengaruhi
/ mendaftrakan untuk menyabot distributor orang lain
Sebagai pemain kelompok yang baik bukan berarti menjauhi dan tidak
berkomunikasi dengan crossline. Anda bisa lakukan komunikasi/ berhubungan dengan
crossline
Ø Ketika menjadi penyelenggara pertemuan sebagai satu team penyelenggara Anda
justru harus bekerja sama
Ø Ketika Anda mengikuti seminar Anda harus ikut menghidupkan suasana
pertemuan
Ø Ketika Anda bertemu dengan sesama
anggota Nasa dimanapun berada ucapkan selamat
Ø Ketika ada crossline yang meminta advis bisnis kepada Anda. Lakukan dengan
mengedifikasi upline mereka bahwa upline mereka orang yang luar biasa dan
sarankan untuk berkonsultasi dengan uplinenya.
Anda benar-benar harus paham apa itu
yang dinamakan crosline mungkin akan lebih mudah dipahami dengan melalui contoh
berikut ini. Jika ada suami yang sedang
bermasalah dengan istrinya lalu suami tersebut berkeluh kesah/curhat/konsultasi
dengan istri tetangganya yang juga kebetulan mempunyai masalah dengan suaminya.
Kira-kira Anda bisa mambayangkan apa yang akan terjadi. Apakah masalah menjadi
terselesaikan atau justru menimbulkan masalah baru.
Memang awalnya melakukan croslining sangat menyenangkan. Apalagi
kecenderungan seseorang itu senang mencari teman. Hal itu bisa kita lihat
misalnya ada seorang murid yang mendapat nilai 4, saya yakin akan sangat sedih
sekali tetapi begitu tahu bahwa teman baiknya mendapat nilai 4 juga, dia akan
merasa senang.
Demikian juga dibisnis ini seseorang yang tidak berkembang bisnisnya karena
tidak menjalankan system cenderung akan bercerita dengan semangat atas
kegagalan bisnisnya ketika ketemu dengan distributor yang juga bernasib sama.
Parahnya mereka akan saling mencari alasan dan apa yang terjadi, bukannya
tambah semangat dan menemukan solusinya tetapi sama-sama akan berhenti dibisnis
ini.
Jadi Anda harus bisa menempatkan kapan Anda tidak boleh melakukan crosslining
dan kapan Anda harus menempatkan diri menjadi
pemain kelompok yang baik
Selamat Anda telah melakukan
aktivitas sebagai distribuitor inti, yaitu membaca buku. Sukses untuk Anda dan go Diamond!
Alhamdulillah,
BalasHapusTerima kasih sudah membuat ini, snagat bermanfaat utk saya mitra Nasa yg bru belajar masuk bisnisnya