DISTRIBUTOR INTI NASA

DISTRIBUTOR INTI


Buku ini akan membahas mengenai hal yang sangat penting yang harus Anda jadikan kebiasaan, jika Anda   menginginkan sebuah kesuksesan dalam menjalankan bisnis NASA. Apapun target yang akan Anda capai, jika Anda  tidak menjalankan yang satu ini akan sangat sulit terwujud. Apakah Anda   ingin menjadi Silver Manager, Gold Manager, Pearl Manager, Emerald maupun Diamond. Tidak peduli dimana tujuan akan Anda tuju. Anda memerlukan sebuah kebiasaan yaitu “MENJADI DISTRIBUTOR INTI”

Nah kalau Anda menjadi seorang Diamond yang berkualitas Anda minimal memiliki 6 kaki yang berperingkat @ executive leader club (atau gold manager vital sign)  dengan memiliki 6 kaki vital sign perkembangan bisnis Anda akan menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan.  Artinya Gold manager yang stabil
Bukan hanya sekali memiliki 6 kaki yang beromzet @ 10,000 pv tetapi dari waktu ke waktu tetap bertahan dan bahkan berkembang.

Bisa saja Anda  memiliki 6 kaki yang kebetulan Anda  mendapatkan proyek senilai 60.000 PV lalu Anda  susun sedemikian rupa sehingga terscasbill di 6 kaki. Tercapailah Diamond.
Bukan berarti itu tidak boleh Anda lakukan. Jika memang  itu terjadi jangan ditolak itu adalah rejeki. Tapi maksud saya kalau bisa disetiap bulannya Anda  memiliki omzet yang stabil. Dan saya kira jika Anda  memiliki 6 kaki yang masing-masing mendapat proyek 10.000 akan sangat sulit terulang di bulan berikutnya.

Tentunya jika Anda  ingin memiliki 6 kaki GM vital sign (Executive leader) maka Anda  sendiri harus menjadi executive leaders club terlebih dahulu. Kalau Anda  sudah merasakannya Anda  baru bisa menduplikasikan kepada downline Anda.
Nah bagaimana Anda  bisa mencapai executive leaders club (sbg GM yang berkualitas)
Yaitu Anda  harus memiliki beberapa leaders club di beberapa kaki Anda  minimal di 4 kaki Anda.
Jika Anda  ingin memiliki jaringan leaders club mau tidak mau Anda  sendiri harus menjadi leader club terlebih dahulu. Baru Anda  bisa mengajari downline Anda  menjadi leaders club. karena logikanya tidak mungkin Anda  bisa membimbing mereka mencapai leaders club jika Anda  tidak mencapainya terlebih dahulu. Ingat bisnis ini adalah bisnis duplikasi.
Nah untuk mencapai leaders club Anda  perlu memiliki beberapa orang di beberapa kaki Anda  yang mencapai peringkat “DISTRIBUTOR INTI” atau CORE DISTRIBUTOR

Nah untuk bisa memiliki beberapa jumlkah core di group Anda, maka Anda  sendiri harus menjadi “CORE” terlebih dahulu.

Jadi artinya jika Anda  ingin menjadi Diamond  seperti diagram itu Anda  perlu untuk menjadi core terlebih dahulu.

APAKAH  “DISTRIBUTOR INTI”  ITU ?

Distributor inti adalah satu-satunya teknik atau cara seorang distributor untuk meningkatkan prestasinya.
Saya seorang Silver manager ingin manjadi Gold Manager maka saya melakukan aktifitas seorang Core / inti. Saya adalah seorang Gold manager ingin naik menjadi pearl manager maka saya kembali harus melakukan aktivitas seorang core distributor apalagi jika saya ingin menjadi Diamond  maka hanya aktivitas core saja yang akan mempercepat mencapai tujuan. Demikian juga dengan Anda  apapun peringkat yang akan tuju maka Anda  harus kembali menjalankan aktifias seorang CORE. Jadi core itu adalah suatu kebiasaan yang harus Anda  lakukan jika Anda  ingin menjadi Diamond  tidak ada cara yang lebih dahsat untuk menjadi Diamond  vital sign.

Jika ingin jadi Diamond  maka Anda  “HARUS” menjadi “CORE”

Nah sekarang jelas bagi Anda. Target Anda sekarang adalah menjadi distributor yang melakukan kebiasaan sebagai CORE lalu kemudian jika telah Anda  lakukan seterusnya untuk mencapai target seorang LEADERS CLUB 3 bulan yang akan datang.
Saya tahu Anda  semua ingin menjadi Diamond  tetapi langkah awal yang harus segera Anda  lakukan Anda lah  mengikuti LEADER CLUB 3 BULAN MENDATANG.
Dan Anda  akan menghadiri acara yang sangat luar biasa sekali yang kita namakan LEADERS CLUB. Sebuah seminar yang hanya dapat dihadiri oleh mereka yang telah melakukan aktivitas sebagai leaders club  yaitu selain melakukan atribut distributor inti, memiliki beberapa core di 2 kaki juga melakukan presentasi 15 x / bulan,  mengadakan home meeting rutin tiap minggu dan memimpin  KDI.

Apa sih alasannya Anda  harus menjadi leaders club
Biasanya jika Anda  telah mencapai peringkat leaders club dengan beberapa anggota core Anda  ditambah memiliki beberpa kaki kategori B dan pelanggan. Maka biasanya Anda  telah bisa memenuhi / membiayai bisnis Anda.
Seperti yang Anda  ketahui dibisnis ini awalnya Anda  tidak mendapatkan banyak tapi setelah itu Anda  akan mendapatkan banyak dari bisnis ini yang grafiknya bukan lurus tapi exponensial. Jadi biaya yang akan Anda  keluarkan pada awalnya akan lebih besar dari apa yang awalnya Anda  dapat dari bisnis ini.
Ada titik disini sebagai titik keseimbangan (self financial point)
Dimana Anda  telah bisa  membiaya semua pengeluaran dalam membangun bisnis ini dari hasil yang telah Anda  capai. Peringkat itu ada pada titik LEADERS CLUB
Jadi saya kira sangat masuk akal jika tujuan Anda  3 bulan ke depan adalah LEADERS CLUB  paling tidak untuk jangka pendek Anda.
Anda jangan pernah mengeluh jika Anda  mengatakan “kok sepertinya bisnis ini hanya ngeluarin duit terus tanpa ada hasilnya. sebelum Anda  mencapai peringkat leaders club.
Nah dari sekarang  bagi Anda  yang telah core paling tidak ada waktu 2 – 3 bulan untuk mencapai leaders club. Terserah Anda  apakah  ingin lebih cepat atau lambat.
Tentunya jika Anda  ingin lebih cepat mencapai titik ini Anda  membutuhkan bantuan upline Anda, daripada Anda  melakukannnya sendiri. Tentunya Anda  mau dibantu oleh upline Anda.
Sayangnya upline Anda  memiliki  banyak downline yang juga perlu  dibantu. Dan tentunya mereka akan membantu kepada downline yang ingin cepat berhasil / downline yang efektif  yang keberhasilannya hampir bisa dipastikan. Satu-satunya kriteria yang bisa dijadikan tolok ukur yaitu “Core Distributor”
Tidak ada jalan pintas di bisnis ini untuk menjadi leaders club kecuali Anda  menjadi core terlebih dahulu.
Saya kira sekarang sudah jelas mengapa Anda  harus menjadi distributor inti.

Distributor inti itu mempunyai 7 buah atribut
1.    Presentasi minimal 8 X per bulan
2.    Menjadi pemakai produk 100%
3.    Memiliki dan melayani 5-10 pelanggan
4.    Membaca buku 15 menit per hari.
5.    Mendengarkan Kaset/VCD per hari
6.    Hadir di setiap pertemuan
7.    Menjadi pemain kelompok yang baik.

1.    MELAKUKAN PRESENTASI MINIMAL 2 X PERMINGGU (8 X / BULAN)
Itu sudah minimal, itupun sebenarnya hanya untuk Anda  agar tetap bertahan saja di bisnis ini. Namun jika Anda  ingin berhasil dibisnis ini Anda  harus melakukan minimal 15 x presentasi / bulan
Saya belum pernah melihat jika hanya dengan 8 x / bulan mereka berhasil.
Jadi frekwensinya harus min 15 x / bulan.
Sekali lagi jika 8 x ibaratnya Anda  sekedar bertahan dibisnis ini.
Ibarat seorang atlet renang untuk menjaga kesehatan dan stamina mereka harus berenang 2 x seminggu ( 8 x / bulan), tetapi jika atlet renang ini ingin berprestasi bahkan memecahkan rekor maka minimal 15 x s/ d 30 x dia berenang setiap bulannnya.
Sekali Anda  tidak melakukan 2 x seminggu berarti Anda  tidak distributor inti.

2.    PEMAKAI 100%
Artinya Anda  tidak harus memakai semua produknya. Tetapi Anda  memakai produk yang pasti Anda  pakai dikeseharian yang biasanya Anda  beli ditoko-toko
Misalnya sabun mandi, kecap, detergent, mungkin body cristal. Atau jika Anda  sering makan supplement untuk stamina Anda  bisa ubah dengan mengkonsumsi Asam Amino yang terbukti meningkatkan stamina. Apalagi Anda  sebagai petani atau senang becocok tanam. Anda  harus memakai produk-produk nasa yang telah terbukti kualitasnya.

Dibandingkan jika Anda  menggunakan pupuk cair atau hormon merk lain. Apakah setelah Anda menggunakan secara rutin berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun produk lain lalu setiap bulannya Anda  menerima royalty dari perusahaan tersebut. Hampir pasti jawabnya TIDAK DAPAT. Lalu mengapa Anda  tidak menggunakan produk dari usaha Anda  sendiri yang jelas-jelas memberikan keuntungan baik dari sisi kualitas maupun keuntungan jangka panjang dalam hal royaltynya.
Anda bukanlah seorang sales tetapi Anda adalah pemilik usaha di bisnis ini, yang seharusnya sangat memprioritaskan memakai produk dari usaha Anda sendiri.
Jika Anda  masih menggunakan produk luar padahal di perusahaan Anda  sendiri ada maka Anda  bukanlah distributor INTI.
Sekalipun Anda berbohong di depan downline Anda. Pasti akan kelihatan cara Anda  berbicara dan antusias Anda  tidak akan pernah melebihi dibandingkan jika Anda benar-benar telah  memakai dan merasakan manfaatnya.
Sebenarnya 100% pemakai itu bukanlah suatu investasi atau biaya.
Toh untuk mandi Anda  pasti memakai sabun, hampir setiap orang memiliki masalah bau keringat. Untuk petani dan penghobi tanaman untuk menyuburkan tanaman mereka  tetap membutuhkan pupuk.
Ketika Anda  membeli pupuk sebenarnya itu bukan biaya dalam hal bisnis ini, tapi itu kebutuhan untuk meningkatkan hasil produksi dan keindahan tanaman. Jadi sebenarnya tidak sulit dan tidak mahal menjadi 100% pemakai produk
Jadi jika  mandi Anda  pakai sabunnya
Jika bertani Anda  menggunakan NASA 
Jika memiliki tanaman tahunan berupa buah-buahan Anda  memakai power
Jika keringat bau, Anda  memerlukan body cristal
Jika stamina  loyo Anda  memakai AMN maupun royal jelly
JIka pencernaan terganggu Anda  mengkonsumsi beras merah
Jika bertenak Anda  memakai viterna
Jika memasak Anda  memerlukan kecap
Jika mencuci Anda  membutuhkan star 7
Jika  minum gunakan teh persada

Jadi tinggal mengalihkan pembelanjaan  dari supermarket/toko ke perusahaan Anda  sendiri yang jelas-jelas memberikan royalty.
Mengapa penting memakai produk
Ingat dalam binis ini kekuatan dan kelemahannya adalah duplikasi. jika Anda  memakai produk kemungkinan besar akan terduplikasi jaringan Anda  juga memakai produk. Jika Anda  tidak menggunakan produk akan sedikit distributor Anda  yang memakai 100%
Artinya baiknya diduplikasi jeleknya juga diduplikasi

Mungkin Anda  berkata group saya kan masih 2 orang saya kira tidak memakai produk tak apa-apa.
Mungkin saja tak apa-apa tapi coba jika jaringan Anda  sudah 100 orang dan mereka masing-masing berpikir seperti Anda. Tidak akan pernah tercipta jaringan pemakai produk. Jadi mulailah dari sedikit asalkan benar duplikasinya akan sangat luar biasa.

Kalau toh di luaran sana ada yang lebih bagus atau lebih murah. Kalau saya akan tetap menggunakan produk NASA. Logikanya sederhana. Mengapa memakai produk orang lain yang jelas-jelas tidak memberikan point dan  kontribusi apa-apa kepada kita,  yang tidak akan pernah menjadikan kita mancapai Diamond.

Beruntungnya produk-NASA itu kulitasnya luar biasa dan sangat terjangkau jadi Anda  benar-benar diuntungkan dengan pemakai 100% produk

Juga ketika kita menjelaskan produk kepada orang lain. Dari mana akan tumbuh keyakinan jika kita sendiri tidak pernah mencobanya.
Mereka tidak tertarik dengan cerita Anda  teori produknya tetapi mereka lebih tertarik cerita Anda  karena pengalaman Anda.
Bisa saja Anda  menganggap diri Anda  good salesman. Anda  sudah ahli ngomong kalau jualan produk. Lalu Anda  merasa tidak perlu pakai.
Nah jika suatu saat  upline atau downline Anda  ke rumah Anda  lalu melihat di halaman rumah Anda  yang kebetulan juga ada beberapa pohon dan tanaman dan mereka tidak melihat produk NASA atau bahkan justru melihat produk pupuk merk lain. Kira kira bisa nggak mereka percaya dengan apa yang Anda  selalu bicarakan tentang pemakai 100%. Saya rasa selain malu.  sulit bagi Anda  untuk membangun organisasi Anda, karena 

1.    Upline Anda  tahu bahwa Anda  bukan distributor inti
2.    Downline Anda  kehilangan respek terhadap Anda.
  
Atau mungkin Anda  tidak mengizinkan downline dan upline Anda  ke rumah Anda. Bagaimanapun juga nantinya akan terlihat.  Anda  memakai 100% atau tidak. Apalagi Anda  tidak naik-naik peringkat.  Akan kelihatan.

3.    ANDA  MEMERLUKAN MEMPUNYAI 5 – 10 PELANGGAN
Bukan berarti setiap bulan Anda  melayani 5 - 10 pelanggan. Karena beberapa produk Nasa ada yang tidak habis dalam 1 bulan. Misalnya NASA dan hormonik, konsumen  akan menggunakan  selama 3 bulan dan akan membeli  3 bulan  yang akan datang pada saat musim tanam yg akan datang.
Demikian juga peternakan, 1 botol viterna terkadang baru habis 2 bulan berikutnya untuk 1 ekor sapi.
Nah jika demikian untuk memenuhi 100 pv pribadi sebagai distributor inti Anda  memerlukan 5 – 10 pelangggan yang Anda  layani secara bergantian tiap 2 -3 bulan.
Artinya 1 bulan Anda  melayani 3 – 5 orang sebagai basis Anda  untuk mengumpulkan 100 pv pribadi sebagai distributor inti.

Ingat pelanggan bukan pembeli. Kalau pembeli sekali beli belum tentu akan beli lagi. Dan belum tentu Anda   datangi lagi. Tetapi pelanggan akan selalu membeli.
Mungkin Anda  bertanya kok saya belum dapat  pelanggan ya…?
Nah kalau aktivitas seorang core Anda  jalankan Anda  pasti memiliki pelanggan.
Yaitu disiplin meminjamkan VCD dan paket info. Jika 1 minggu Anda  secara disiplin meminjamkan kepada 4 orang  berarti dalam satu  bulan ada 12 orang. Konsumen akan didapatkan ketika Anda  bertemu dengan mereka yang beralasan berbagai macam untuk tidak ikut NASA. Nah arahkan mereka untuk menggunakan produk Anda  sebagai pelanggan Anda.
Jadi pelanggan adalah  mereka yang tidak bergabung.
Jangan salah mengartikan  dengan cara mencari pelanggan. Jangan jadikan pelanggan  kalau sebenarnya mereka mau bergabung dengan Anda  sebagai seorang distributor kategori “B”  jelaskan keuntungan kalau bergabung.

Coba Anda bayangkan sebenarnya mereka mau bergabung tapi karena Anda sekedar mencari laba eceran lalu Anda tidak menjelaskan. Setelah mereka membeli banyak barang dalam beberapa bulan. Anda baru menjelaskan keuntungan menjadi anggota. Tentu saja orang merasakan Anda manfaatkan. Kalau memang dengan anggota bisa murah kenapa Anda  menawarkan harga konsumen.
Dan dalam hati kecil mereka kemungkinan menjadi kurang  respek atau percaya dengan niat baik Anda  membantu mereka menjalankan bisnis ini. Jika kepercayaan downline terhadap Anda  sudah kurang sejak awalnya. Bagaimana Anda bisa membangun organisasi dengan kokoh.

Saya yakin jika Anda  disiplin dengan cara yang benar meminjamkan menjelaskan / follow up pasti Anda  akan mendapatkan pelanggan.

Mungkin Anda  bertanya. Katanya di bisnis ini kita tidak harus menjual? tidak harus jadi sales?
Lalu Anda  bicara dengan downline, “kita semua tidak harus menjual”.
Sebenarnya suka atau tidak kita membangun binsis agar produk kita dikenal dan dipakai masyarakat. Tanpa ada omzet Anda  tidak akan mendapatkan royalty.

Sebenarnya juga tidak semua masyarakat yang tertarik produknya tertarik juga bergabung karena tidak mau repot tapi memerlukan produknya. Nah mereka inilah yang Anda jadikan pelanggan Anda .

Jadi mencari pelanggan bukan dari  keliling rumah-ke rumah gedor-gedor pintu, bagikan brosur.
Anda  mendapatkan pelanggan dari aktivitas meminjamkan VCD, presentasi  dan melakukan  follow up.

Alasan lain mengapa Anda  perlu pelanggan.
Lumayan  untuk menunjang biaya operasional. Keuntungan yang didapatkan bisa dibelikan Buku-buku, VCD, Kaset, Menghadiri pertemuan yang sarat akan ilmu pengembangan bisnis Anda.
Nah karena Anda  bisa membeli alat  lalu  dipelajari. Tentunya akan berdampak efektif di jaringan.

Tapi mungkin juga Anda  merasa itu tidak perlu karena mungkin sudah memiliki financial untuk membiayai bisnis Anda. Jadi Anda  pikir tidak harus memiliki pelanggan.

Permasalahannya di bisnis ini faktor penentunya duplikasi. Bagaimana Anda  bisa mengajar downline Anda  memiliki pelanggan kalau Anda  sendiri tidak pernah berusaha mendapatkan pelanggan. 

Dari berbagai pengalaman, dari pelanggan Anda bisa mendapatkan distributor. Mungkin saja  pelanggan Anda  kemudian berpikir karena pemakaiannya rutin dia akhirnya memilih untuk menjadi distributor untuk dapat harga yang lebih murah. Dan tidak jarang setelah membuktikan kualitasnya, lalu dia bercerita kepada temannya tentang hebatnya produk yang dipakai. Kalau mereka mengenalkan temannya kepada Anda  yang kemudian dipresentasi. Mungkin saja saat mempresentasikan kepada teman pelanggan Anda, dimana otomatis pelanggan Anda melihat presentasi yang kedua kalinya, lalu pikirannya berubah karena tertarik mengembangkan bisnisnya. Jadi jangan anggap remeh pelanggan.  

Sekali lagi pelanggan bukan pembeli.
Sering terjadi seorang konsumen, saat  produknya habis, mereka bingung mau beli ke mana.  Itu terjadi karena mereka tidak dianggap pelanggan sehingga tidak dihubungi lagi. Ada baiknya juga  tinggalkan kartu nama atau tulis nomor hp  di botol produk yang mereka pakai. Sehingga sewaktu-waktu mereka membutuhkan, bisa mengontak Anda. Tapi dalam hal melayani pelanggan sebaiknya Anda  yang menghubungi terlebih dahulu. Hal ini baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Ingat hanya 5 – 10 pelanggan.

Jadi jangan bangga Anda  jika Anda  mengatakan, “saya tidak perlu pelanggan” bisnis ini adalah duplikasi. Bayangkan jika semua jaringan Anda  mengatakan hal yang sama. Sebesar apapun  jaringan Anda, omzetnya tidak akan mencerminkan besarnya jaringan Anda. Dan bayangkan jika jaringan Anda  menduplikasi Anda  memiliki 5 -10 pelanggan

Dampaknya sangat luar biasa terhadap perkembangan omzet Anda.
Ingat    1000 x 1  = 1000
            100.000 x 0 = 0
Jadi kalau nggak ada penjualan dibisnis ini sama saja tidak ada hasilnya.

4.    MENDENGARKAN & MEMPELAJARI KASET & VCD SETIAP HARI

Sifat dari bisnis ini sangat dekat dengan pengaruh negative. Anda  tidak mungkin diterima terus saat presentasi, atau mendapat pelanggan terus. Suatu saat pasti  akan ketemu dengan penolakan, keluarga yang tidak mendukung, omzet tidak stabil, jaringan berhenti, downline banyak yang tidak aktif. dan lain sebagainya yang membuat Anda menjadi turun semangatnya.  Saat saat seperti itu Anda  perlu nutrisi untuk semangat Anda. Dengan cara Anda  selalu mempelajari kaset / vcd system dan motivasi,  akan selalu positip karena selalu termotivasi. Jadi saran saya,  perlu mendengarkan atau melihat vcd system / motivasi paling tidak 1 hari 1 kaset/vcd dan setiap hari. Kaset/vcd  yang terpenting adalah kaset / vcd yang belum pernah Anda  dengar. Dan ada kalanya anda pelu mendengar dan membaca berulang-ulang untuk memahami isi dari alat-alat tersebut. Karena mungkin saja ada beberapa kalimat dalam kaset / vcd yang akan merubah kehidupan Anda. Saya banyak melihat dari beberapa distributor yang sekarang peringkat GM ke atas dulunya akan berhenti  atau pernah patah semangat dan  gara-gara mendengarkan dan melihat VCD dia mendengar satu kalimat motivasi yang ternyata sangat  mengena pada dirinya.

5. MEMBACA BUKU MINIMAL 15 MENIT PERHARI

Membangun kepribadian sangatlah penting di bisnis ini. Sangatlah sulit seseorang mengembangkan kepribadian tanpa pernah membaca buku.   Dalam pengamatan saya begitu banyak para distributor berhenti ketika berproses membangun bisnisnya, bukan karena mereka tidak memiliki potensi atau mereka tidak mampu. Tapi mereka berhenti karena tidak tahu bagaimana mereka bersikap ketika membangun organisasinya. Organisasi Anda  terdiri dari orang-orang yang sangat berbeda watak, sifat, dan pengetahuannya. Tanpa memililki keahlian berkomunikasi, dan mengembangkan kepribadian maka seorang distributor akan banyak menghadapi permasalahan.

Anehnya masalahnya bukan karena masalah yang dihadapi, karena setiap orang hidup dan berhubungan dengan orang lain pasti akan terjadi masalah. Tapi justru masalahnya adalah bagaimana seorang mensikapi ketika menghadapi masalah. Itu justru masalahnya.

Adakalanya seorang berhenti karena hanya masalah sepele.
Yang sebenarnya bukanlah sebuah masalah tapi karena kepribadian yang tidak terbentuk, sikap yang negative, maka masalah sepele akan menjadi / dianggap masalah yang sangat rumit dan besar. Perlu diketahui orang-orang yang sukses bukannya tanpa masalah bahkan kadar permasalahannya jauh lebih besar dan rumit, tetapi mereka tidak pernah panik dan bingung apalagi mengeluh  dangan masalah-masalah yang dihadapi. Justru mereka tertempa dan lebih dewasa ketika menghadapi suatu permasalahan. Itu semua karena kesiapan keribadiannya dan selalu mengembangkan sikap positip. Nah itu dapat terbentuk karena mereka sering membaca buku-buku kepribadian. (buku-buku yang dianjurkan oleh upline).
Dengan membaca buku Anda  menjadi mengerti cara berhubungan dengan orang lain. Anda  juga akan lebih mengenal diri sendiri.
Dengan mengembangkan keahlian berhubungan dengan orang lain dan pengembangan pribadi akan mempermudah Anda  untuk mengembangkan bisnis ini.
Bagi Anda  yang baru bergabung Anda  dapat membaca  2 buku ini terlebih dahulu

o    Berpikir dan berjiwa besar – David J. Schwartz
o    Cara mencari kawan dan mempengaruhi orang lain – Dale Carnegie

Referensi buk-buku yang lain yang dapat Anda  baca :
o    Berpikir menjadi kaya – Napoleon Hill
o    Skill with people – Les Giblin
o    Cara memiliki Keyakinan dan Kekuasaan dalam Berurusan dengan orang lain- Les Giblin
o    Personality plus – Florencve Littaeur
o    Rich dad poor Dad – Robert T Kiyosaki
o    Cash Flow Quadrant -  Robert T Kiyosaki
o    Business Scholl - Robert T Kiyosaki
o    Menumbuhkan kepemimpinan dalam diri Anda  – Joh C Maxwel
o    The Basic
o    Big All
o    Copycat Marketing

Masih banyak buku lain yang dapat Anda  baca. Tanyakan kepada upline core Anda  
Perlu saya tekankan  disini, di luaran sana banyak sekali hal-hal negative yang akan terekam di kepala Anda. Hanya dengan membaca buku Anda  bisa menetralisir. Dalam berhubungan dengan orang lain Anda  perlu meningkatkan kempemimpinan Anda. Bagaimana Anda  bisa manghandle orang koleris, sanguinus, plegmatis maupun melankolis kalau Anda tidak membaca buku.
Otak kita bagaikan air jernih yang terkena tinta, kita tidak bisa membuang / memisahkan warna tinta dengan air bening, yang bisa kita lakukan adalah menambah air bening sehingga lama kelamaan warna tinta tidak mendominasi warna air tersebut.
Jadi bacalah secara disiplin 15 menit tiap hari hingga tidak terasa membaca menjadi bagian dari kebiasaan hidup Anda. Dan Anda  akan mengalami perubahan yang tidak Anda  duga.
Dengan membaca buku kita bertumbuh dari dalam, dan hal ini berdampak bagi pertumbuhan bisnis Anda.
Anda  tidak perlu suka baca buku
Tapi yang penting Anda  baca buku..!!!
A LEADER IS A READER.

6.    HADIR DI SETIAP ERTEMUAN
 
Saya menggaris bawahi kata SETIAP.
Artinya disini bukan pertemuan yang Anda hadiri kalau tidak hujan, kalau tidak cape, kalau ada yang mengantar dsb.  Usahakan Anda  hadir di setiap pertemuan. Mengapa saya tekankan setiap pertemuan. Karena kelebihan dari pertemuan atau seminar  tidak Anda  temui di kaset, VCD maupun  buku adalah atmosfer, suasana dan getaran semangatnya. Banyak motivasi, komitmen dan keputusan dari mereka, yang berhasil lahir pada pertemuan dan seminar.

Anda  tidak tahu di pertemuan mana dan kapan, Anda  atau downlline Anda  akan tergerak untuk mengambil keputusan komitmen yang akan menjadi momen yang penting dalam keberhasilan Anda.

Maka hadirilah SETIAP pertemuan dan seminar untuk memberikan contoh kepada jaringan Anda.
Anda  tahu pertemuan apa yang paling penting. Yaitu pertemuan yang tidak Anda  hadiri. Semua pertemuan yang diselenggarakan oleh Diamond  network ada maksud dan tujuan tetentu. Pertemuan Business Plan adalah pertemuan mempresentasikan bisnis NASA. Usahakan Anda  hadir walaupun Anda  tidak membawa prospek baru. Kenapa harus dating.
pertama, mungkin saja dengan  menghadiri semangat Anda  terus terjaga.  
Kedua, Anda  tidak bawa prospek tapi di sana ada downline yang akan melihat Anda. Mereka akan melihat bahwa Anda  pun ada berarti pertemuan ini begitu penting.  Coba kalau Anda  tidak ada. Downline Anda  akan bepikir bahwa pertemuan itu tidak terlalu penting buat Anda. Dan suatu saat downline Anda  juga merasa tidak terlalu penting utuk menghadiri pertemuan itu. Akhirnya semua group Anda  semua tidak datang di Business Plan. Yang baik akan diduplikasi yang jelekpun akan lebih mudah diduplikasi. Saya belum melihat seseorang yang berhasil yang datang dipertemuannya hanya sekali-sekali. Yang saya lihat, jaringannya akhirnya tidak berkembang.
Kemudian ada pertemuan NDO (new distributor orientation / orientasi untuk para distributor baru) dilakukan setiap bulan sekali. Kalau diamati topic yang dibicarakan selalu sama itu-itu saja. Mungkin Anda  bosen datang ke NDO atau Business Plan.
Tapi bisa saya katakan disini, kalau Anda  merasa bosen dengan pertemuan biasanya karena jaringan Anda  tidak berkembang, kalau grop Anda  sedang berkembang pasti Anda  tidak bosan. Bahkan Anda  akan selalu menanyakan kapan lagi ada pertemuan.
Karena bulan ini Anda naik peringkat sehingga pertemuan bulan depan Anda akan di recognize sebagai peringkat baru di depan downline-downline Anda. Maka Anda  tidak sabar menunggu-nungu pertemuan bulan depan. Itu karena apa, salah satunya karena Anda  menduplikasikan kepada downline Anda  untuk datang di setiap pertemuan.
Jadi Anda  bosan karena group Anda  tidak berkembang, bagaimana caranya agar group Anda  berkembang, yaitu Anda  hadiri pertemuan terlebih dahulu baru nanti group Anda  akan berkembang. Tidak akan terjadi sebaliknya berkembang dulu baru datang dipertemuan.

Pertemuan core  sangat penting. Anda  harus mengutamakan dibandingkan Anda harus mempresentasi prospect.

Presentasi bisa Anda  tunda tetapi pertemuan seperti ini tidak mungkin Anda  menundanya. Jika Anda  tidak hadir  Anda  bisa merasakan sendiri banyak momentum yang hilang karena pada pertemuan itu membahas hal-hal yang sangat penting yang akan membuat Anda  bisa mempresentasi dan menduplikasikan kepada ribuan orang.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sikap Anda mengutamakan pertemuan-pertemuan system seperti ini akan dilihat oleh downline Anda. Jika prospek / downline Anda  tahu Anda  tidak hadir di pertemuan karena alasan Anda  akan mempresentasi prospek Anda. Mereka akan melihat pertemuan core seperti ini tidaklah begitu penting. Padahal sebaliknya Anda  memiliki kesempatan untuk mempromosikan pertemuan. Misalkan saja Anda  diminta bantuan oleh downline Anda  untuk presentasi, disaat jat waktnya bersamaan diadakan pertemuan core meeting Anda  bisa mengatakan.

Anda          Sayang sekali saya tidak bisa karena ada pertemuan yang harus saya hadiri yang sangat penting sekali yaitu Core Meeting.
Downline      Apa itu core meeting.
Anda          Yaitu pertemuan para distributor yang telah melakukan 7 kebiasaan seorang core. Wah luar biasa sekali pertemuan nanti, karena topik yang dibawa sangat spesifik untuk para distributor inti.
Downline     Wah kalau begitu saya juga harus hadir.
Anda         Oh iya harus itu, tapi tentunya Anda  harus menjadi distributor inti terlebih dahulu. Untuk sekarang, Anda  belum bisa hadir kecuali Anda  telah melakukan 7 kebiasaan para distributor inti
Downline      Apa itu 7 kebiasaan
Anda            (Jelaskan atribut Dist Inti)  

Ada beberapa hal yang positip
1.        Anda  memperlihatkan betapa pentingnya seorang menjadi core dan bisa menghadiri core meeting
2.        Anda memperlihatkan bahwa setiap distributor yang ingin sukses dia akan selalu menjadi core distributor 
3.        Downline Anda  akan berusaha menjadi core distributor.

Jadi penting sekali Anda  menghadiri setiap pertemuan sehingga Anda  bisa mempromosikan pertemuan dan tahu pertemuan-pertemuan yang harus Anda  prioritaskan.
Sebelum saya membahas atribut yang ke 7 kita coba lihat lagi ke 6 atribut yang telah kita bahas. Kalau kita perhatikan atribut

Ø  Presentasi min 8 x per minggu.
Ø  Melayani pelanggan.
Ø  Memakai 100% produk 

Ketiga atribut diatas sangat berhubungan dengan NASA.
Anda  presentasi, yang Anda  presentasikan produk dan marketing plan NASA
Anda  melayani pelanggan,  pemakai produk NASA
Anda  memakai produk, produk dari NASA

Sedangkan atribut 4, 5 dan 6 itu tidak hanya  berhubungan dengan NASA. Tetapi sangat berhubungan dengan kehidupan.
Kalau Anda  mau sukses dimanapun juga, pasti sangat dianjurkan untuk mengikuti pelatihan, mendengarkan motivasi dan kisah orang-orang sukses, baca buku-buku otobiografi orang-orang sukses, baca buku-buku tentang pengembangan kepribadian, leadership dst.
Perkembangan kepribadian Anda  terbentuk dari no. 4, 5 dan 6.
Maka banyak para distributor inti justru sangat cemerlang kariernya di lingkungan kerjanya masing-masing. Karena mereka telah melakukan kebiasasaan orang inti
Sekarang kita bahas atribut yang ke – 7

7.    MENJADI PEMAIN KELOMPOK YANG BAIK.

Bagian ini sedikit agak panjang saya jelaskan
Jika Anda  telah menjalankan kebiasan 1 s/d 6  mungkin saja Anda  sudah mampu membuat bisnis yang besar.  Organisasi Anda  bisa besar tetapi tidak beraturan. Sulit dikendalikan dan sulit diprediksikan untuk berkembang.
Kalau ibarat rumah Anda  telah mendirikan rumah cukup besar tetapi dibangun diatas pondasi yang tidak cukup kuat.
Nah jika Anda  ingin membangun bisnis yang besar dan juga sangat kokoh dalam hal duplikasi sehingga jaringan bisnis Anda terus membesar dan mencapai momentum yang tidak akan bisa Anda  tahan lagi. Anda perlu membangun bisnis ini dengan melengkapi dengan melakukan kebiasaan yang ke 7 yaitu MENJADI DAN MEMILIKI PEMAIN KELOMPOK YANG BAIK. Atau dengan kata lain
MEMBANGUN BISNIS DENGAN CARA MEMBANGUN “GOOD TEAM PLAYER”
Apa saja kebiasan untuk menjadi pemain kelompok yang baik
1.      Disetiap pertemuan Anda  selalu datang paling awal dan pulang paling akhir.  
2.    Tidak berbicara sendiri saat pertemuan berlangsung
3.    Membawa buku catatan di setiap pertemuan
4.    Memakai pakaian yang baik termasuk bersepatu
5.    Teachable / mudah diajari terhadap sesuatu khususnya kepada upline
6.    Bersikap mau meduplikasikan segala sesuatu yang telah diajarkan upline
7.    Bertanggung jawab terhadap bisnis Anda  sendiri. Jangan tergantung upline. Artinya jika upline tidak aktif jangan ikutan tidak aktif. Bisnis ini adalah bisnis Anda  sendiri. Anda lah yang mengendalikan. Jangan membatasi bisnis Anda  dengan keterbatasan upline Anda. Jangan menyalahkan upline Anda  jika bisnis Anda tidak berkembang karena upline tidak membantu. Jangan pernah berpikir Anda  menjalankan bisnis ini untuk kepentingan upline Anda. Jika itu terjadi Anda  tidak akan menikmati bisnis ini, Anda akan resah dan akhirnya berhenti menjalankan bisnis ini. Ingat Anda bisa menjadi Diamond  sedang upline Anda  belum tentu menjadi Diamond.

Ø  Melakukan Edifikasi, Edifikasi adalah mempromosikan dan menghormati. Dalam menjalankan bisnis ini jika jaringan Anda  ingin tumbuh besar Anda  harus melakukan edifikasi. Edifikasi akan memperkuat bisnis Anda. Hal-hal  yang harus Anda  edifikasi; Sponsor, Upline, Downline, Crossline, Perusahaan dan Management, Produk, Buku, VCD, Pertemuan, Anda bisa mempromosikan semua yang berhubungan dengan bisnis Anda  kecuali diri Anda  sendiri. Karena Anda  tidak akan bisa meng-edifikasi diri Anda  sendiri. Sebagai contoh : suatu saat Anda  pergi ke sebuah kota, lalu bertanya kepada seseorang, dimana rumah makan yang paling enak di kota ini,  lalu orang itu berkata, ”nggak usah jauh-jauh pak..! mari mampir ke restoran saya”. Nah kira kira Anda  percaya apa tidak itu restoran yang paling enak. Saya yakin Anda  kurang percaya. Karena Anda  akan berpikir, pemilik restoran pasti akan mengatakan restorannya yang paling enak. Berbeda kalau Anda  bertanya kepada sesama pejalan kaki, lalu Anda  bertanya, dimana rumah makan yang paling enak. Lalu orang itu menunjukkan kepada Anda,” itu pak rumah makan di pojok perempatan, saya kalau kesini pasti mampir di rumah makan itu enak murah dan lengkap. Nah saya yakin Anda  akan mempercayai orang itu. Jadi dibutuhkan orang ketiga untuk mengedifikasi. Anda  tidak mungkin membanguan sedirian di bisins ini, Anda  tidak bisa menjadi Superman dibisnis ini. Anda  membutuhkan seseorang yang membantu Anda. Dan orang yang Anda  butuhkan membantu Anda  adalah upline Anda. Anda  perlu mengedifikasi upline Anda  agar upline Anda memiliki kekuatan untuk membantu dalam group Anda, dan berkata kepada downline Anda hal-hal yang sebenarnya. Ketika Anda akan memprospek tetangga / teman Anda  misalnya, yang sehari hari mereka tahu keadaan Anda. Sedangkan Anda  masih baru menjalankan bisnis ini dan belum mendapatkan Sesuatu sebagai bukti keberhasilan Anda. Tentu teman Anda  masih ragu dengan penjelasan Anda. Artinya sering mereka ragu karena Anda. Nah apa yang bisa Anda  lakukan dengan kondisi seperti itu. Anda  membutuhkan orang lain untuk meyakinkan teman Anda, yaitu upline Anda, Nah agar teman Anda  percaya dengan upline Anda, maka Anda  perlu melakukan edifikasi, mempromosikan bahwa upline adalah seorang yang telah sukses dan berpengalaman serta memiliki bisnis yang besar. Lalu kenalkan upline dengan teman Anda. Maka kemungkinan besar teman Anda  akan yakin dengan apa yang dikatakan oleh upline Anda. Nah kalau teman Anda  bergabung siap yang dinutungkan, tentu saja Anda. 

Ø  MELAKUKAN KONSULTASI,  Anda  sangat memerlukan konsultasi di bisnis ini terutama dengan upline aktif / upline core Anda. Dan aktivitas konsultasi akan sangat efektif jika Anda  telah menjadi distributor inti, Anda  akan tahu apa yang akan Anda  konsultasikan dan akan paham dengan apa yang dijelaskan oleh upline. Konsultasi dibisnis ini GRATIS, berbeda jika Anda  melakukan dengan para konsultan bisnis  lainnya Anda akan dimintai tarif yang mahal, bahkan bisa dihitung permenit. Sedangkan di bisnis NASA, yang menentukan masa depan Anda, tidak dipungut biaya saat konsultasi. Hanya saja Anda  tidak bisa berkonsultasi secara efektif sebelum Anda  menjadi distributor inti terlebih dahulu. Konsultasi ibarat Anda menggantungkan sebuah lukisan, Anda  tetap membutuhkan orang ketiga untuk melihat apakah lukisan masih miring atau sudah tepat posisinya. Artinya sebesar apapun bisnis Anda,  tetap membutuhkan yang namanya konsultasi. Pasti sangat bermanfaat. Anda  memerlukan upline Anda  untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Ingat bisnis ini adalah bisnis duplikasi. Mulailah secara berkala Anda  melakukan konsultasi sejak group Anda  masih  kecil. Karena justru duplikasi dibangun sebelum group Anda  besar. Downline Anda  akan melihat pentingnya konsultasi karena mereka melihat Anda  berkonsultasi. Anda melakukan hal yang benar Anda akan diikuti, dan sebaliknya Anda  melakukan hal yang salah akan lebih mudah diikuti.  Bayangkan jika group Anda  sudah besar tanpa konsultasi akan sangat sulit untuk meluruskan duplikasi yang salah. Mumpung group Anda  masih kecil segeralah melakukan konsultasi secara berkala bagaiamana cara Anda  membangun bisnis ini

Ø  NO CROSLINING,  Sebagai pemain kelompok yang baik Anda  tidak melakukan yang namanya croslining.

  A mensponsori B dan C, 
maka A adalah upline dari B, A adalah upline dari C. sedang B dengan C adalah crosline. A memiliki kepentingan membantu C, A mempunyai kepentingan membantu B.  tetapi B dan C tidak memiliki kepentingan dalam hal financial untuk membantu satu sama lain. Oleh karen itu B dan C namanya crosline yang tidak memiliki kepentingan bisnis satu sama lain. Bukan berarti Crosline adalah musuh. Sebagai pemain kelompok yang baik Anda  perlu salami, Anda  perlu berteman Anda, edifikasi mereka  apalagi waktu  mereka menjadi pembicara. Tapi hati-hati ada batasannya untuk tidak melakukan crosslining yaitu ketika
                                  i.    Ketika Anda membicarakan mengenai bisnis strategi pengembangan, Anda  harus membicarakan pada jalur sponsorisasi Anda
                                 ii.    Ketika Anda  melakukan konsultasi harus dengan jalur sposnorisasi
                                iii.    Ketika Anda  merasa perlu berkeluh kesah / curhat dalam hal bisnis harus dengan jalur diatas Anda.
                               iv.    Ketika Anda  bertemu dengan downline group lain  tidak melakukan kebiasaan mempengaruhi / mendaftrakan untuk menyabot distributor orang lain

Sebagai pemain kelompok yang baik bukan berarti menjauhi dan tidak berkomunikasi dengan crossline. Anda  bisa lakukan komunikasi/ berhubungan dengan crossline

Ø  Ketika menjadi penyelenggara pertemuan sebagai satu team penyelenggara Anda  justru harus bekerja sama
Ø  Ketika Anda mengikuti seminar Anda harus ikut menghidupkan suasana pertemuan
Ø  Ketika Anda  bertemu dengan sesama anggota Nasa dimanapun berada ucapkan selamat
Ø  Ketika ada crossline yang meminta advis bisnis kepada Anda. Lakukan dengan mengedifikasi upline mereka bahwa upline mereka orang yang luar biasa dan sarankan untuk berkonsultasi dengan uplinenya.

Anda  benar-benar harus paham apa itu yang dinamakan crosline mungkin akan lebih mudah dipahami dengan melalui contoh berikut ini.  Jika ada suami yang sedang bermasalah dengan istrinya lalu suami tersebut berkeluh kesah/curhat/konsultasi dengan istri tetangganya yang juga kebetulan mempunyai masalah dengan suaminya. Kira-kira Anda  bisa mambayangkan  apa yang akan terjadi. Apakah masalah menjadi terselesaikan atau justru menimbulkan masalah baru.

Memang awalnya melakukan croslining sangat menyenangkan. Apalagi kecenderungan seseorang itu senang mencari teman. Hal itu bisa kita lihat misalnya ada seorang murid yang mendapat nilai 4, saya yakin akan sangat sedih sekali tetapi begitu tahu bahwa teman baiknya mendapat nilai 4 juga, dia akan merasa senang.
Demikian juga dibisnis ini seseorang yang tidak berkembang bisnisnya karena tidak menjalankan system cenderung akan bercerita dengan semangat atas kegagalan bisnisnya ketika ketemu dengan distributor yang juga bernasib sama. Parahnya mereka akan saling mencari alasan dan apa yang terjadi, bukannya tambah semangat dan menemukan solusinya tetapi sama-sama akan berhenti dibisnis ini.

Jadi Anda harus bisa menempatkan kapan Anda tidak boleh melakukan crosslining dan kapan Anda  harus menempatkan diri menjadi pemain kelompok yang baik
Selamat Anda  telah melakukan aktivitas sebagai distribuitor inti, yaitu membaca buku.  Sukses untuk Anda  dan go Diamond!

1 komentar:

  1. Alhamdulillah,
    Terima kasih sudah membuat ini, snagat bermanfaat utk saya mitra Nasa yg bru belajar masuk bisnisnya

    BalasHapus

POTENSI PERTANIAN DI INDONESIA